Antisipasi PMK, Kapolsek Lembah Melintang Terus Monitor Hewan Ternak

Antisipasi PMK, Kapolsek Lembah Melintang Terus Monitor Hewan Ternak

Lembah Melintang, Pionir—Beriringan dengan munculnya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak di sejumlah daerah membuat Kapolsek Lembah Melintang, Polres Pasaman Barat (Pasbar), Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Zulfikar, SH, MH meningkatkan pengawasan ternak di belasan titik peternakan yang tersebar di wilayah hukum Polsek Lembah Melintang.

Zulfikar pun memastikan bahwa ia bersama personel Polsek Lembah Melintang akan terus melakukan hingga semua peternakan atau lokasi penggemukan di wilayah hukum Polsek Lembah Melintang dicek secara keseluruhan.

Ia mencontohan kegiatan pemantauan yang dilakukan pada Kamis 16 Juni 2022, di Jorong Lombok, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat.

“Pada saat itu saya bersama  Kanit Intelkam Aiptu Elton Maya dan Bhabinkamtibmas Nagari Ujung Gading Aipda Riski Amalia melakukan kegiatan monitoring perkembangan penyakit mulut dan kuku hewan ternak di wilayah hukum Polsek Lembah Melintang, tepatnya Jorong Lombok, Nagari Ujung Gading,’ kata Zulfikar.

Dikatakannya, hal itu dilakukan karena pemerintah saat ini mewaspadai penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang belakangan tengah marak. Upaya pemeriksaan kesehatan hewan ternak ini digencarkan adalah untuk mengantisipasi adanya penyebaran penyakit PMK di wilayah hukum Polsek Lembah Melintang. 

Untuk itu, kata Zulfikar menambahkan, ia nyinyir mengimbau kepada peternak apabila ada ditemukan kelainan pada hewan ternaknya segera menghubungi Dinas Peternakan atau pihak terkait. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments