Bahas PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Adakan Dialog dengan Warga

Bahas PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Adakan Dialog dengan Warga 


Pariaman Kota, Pionir - Briptu Dahnil Khodrianto, SH Bhabinkamtibmas Nagari Sikucua Barat mengadakan giat Door to Door System (DDS) bersama ibuk-ibuk membahas penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, Selasa (7/6/22) pukul 10.40 WIB di warung Upik warga Korong Alahan Tabek,Nagari Sikucua Barat.

"Penularan virus penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak berkuku belah, terutama sapi dan kerbau harus segera diantisipasi, mengingat saat ini penyebarannya sudah kian meluas", ungkap Briptu Dahnil Khodrianto.

Ditambahkannya, sosialisasi tersebut digelar di setiap wilayah yang masyarakatnya memiliki hewan ternak. 

”Dalam mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak bisa dicegah penyemprotan disinfektan di kandang ternak”, urainya lagi.

Selain itu, Briptu Dahnil Khodrianto meminta masyarakat atau peternak bila mana ada hewanyan yang terkena penyakit maka harus segera di laporkan kepada pihak terkait. Langkah tersebut diperlukan agar tidak menular pada hewan-hewan yang lain.

"Adapaun untuk ciri-ciri penyakit hewan ternak yang terkena penyakit mulut dan kuku diantaranya demam tinggi, muncul air liur berlebihan, serta ada luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah dan tidak mau makan. Selain itu kukunya juga luka, sehingga sulit untuk berdiri, gemetaran, dan napasnya cepat", beber Briptu Dahnil Khodrianto lagi.

Pada kesempatan tersebut Briptu Dahnil Khodrianto juga menyampaikan pesan kantibmas. Karena keamanan itu tanggungjawab bersama, bukan hanya tugas Polri. Dan bila ada kejadian yang teridikasi akan menganggu kantibmas segera melaporkannya kepada Bhabinkamtibmas atau Polsek Kampung Dalam.(ha)

Post a Comment

0 Comments