Kasat Binmas Polres Tanah Datar Sebut Mayarakat Bangga Kapolda Diberi Gala

Kasat Binmas Polres Tanah Datar Sebut Mayarakat Bangga Kapolda Diberi Gala 

Tanah Datar, Pionir--Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa beserta istri Ny. Merthy Teddy Minahasa baru saja menerima gelar kehormatan adat dari Tampuak Tangkai Alam Minangkabau. Gelar adat itu dilewakan oleh Tampuak Tangkai Alam Minangkabau di Desa Pariangan Nagari Tuo, Tanah Datar, pada Kamis 16 Juni 2022 lalu.

Pasca pemberian gelar adat yang telah sesuai dengan Keputusan Tampuak Tangkai Alam Minangkabau, Nomor: 146/SK-TTAM/2022 yang ditandatangani oleh Jufrizal, SE Angku DT. Bandaro Kayo itu, yang disaksikan oleh Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar Dt Nan Sati, Bupati Tanah Datar Eka Putra itu, Irjen Pol Teddy Minahasa resmi bergelar  “Tuangku Bandaro Alam Sati”. Sedangkan istrinya Ny. Merthy menyandang gelar “Puti Sibadayu”.

Menurut Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar Dt Nan Sati, pemberian penghargaan berupa gelar adat kepada Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa karena oleh beberapa hal. Seperti atas berhasilnya menyelamatkan anak kemenakan di Sumbar dengan vaksinasi.

Selain itu kata Fauzi Bahar menambahkan, Polda Sumbar dibawah kepemimpinan Irjen Pol Teddy Minahasa juga menindak tegas pembeking prostitusi (pekat), dengan berani menghukum anak buahnya.

Irjen Pol Teddy Minahasa juga dinilai mau melaksanakan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2021 tentang restorasi justice. Dimana perkara tindak pidana ringan (tipiring) dan apa saja yang permasalahan antara pelaku dengan korban bisa berdamai diserahkan kepada ninik mamak untuk menjembatani perkaranya.

Sementara itu, Kapolres Tanah Datar melalui Kasat Binmas AKP Aditialidarman SH mengatakan, masyarakat Tanah Datar juga memberi apresiasi atas palewaan gala kepada Kapolda Sumbar tersebut.

Kata Aditialidarman yang dihubungi Pionir, Rabu 22 Juni 2022, masyarakat menilai tampuak tangkai alam Minangkabau telah melayangkan jauh pandangan ke depan tanpa ada embel-embel lain selain murni nilai budaya alam Minangkabau.

Karena itu kata Aditialidarman menambahkan, masyarakat Tanah Datar mengaku bangga dan salut atas putusan Tampuak Tangkai Alam Minangkabau memberikan gelar kehormatan adat kepada Kapolda Sumbar dan istrinya.

"Masyarakat juga bangga Sumbar punya Kapolda seperti bapak Irjen Teddy Minahasa. Mansarakat menyebut pak Kapolda itu tegas dan keras dalam penegakan hukum maupun menjaga kenyamanan masyarakat Sumbar. Kemudian pak Irjen Teddy dinilai menganggumi kearifan lokal Sumbar termasuk adat dan budaya Minangkabau,” ujar Aditialidarman. (Firman Sikumbang

Post a Comment

0 Comments