Cegah Kahurtala, Kasat Binmas Polres Pariaman Lakukan Penyuluhan

Cegah Kahurtala, Kasat Binmas Polres Pariaman Lakukan Penyuluhan

Pariaman Kota, Pionir—Upaya pengendalian dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kemudian penanaman dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan guna mengurangi banjir dan longsor, pada dasarnya merupakan upaya bersama antara aparat dan masyarakat. Peran dan kinerja Penyuluh Kehutanan di tingkat tapak sangat penting untuk memberikan edukasi dan mengajak para kelompok masyarakat berpartisipasi dalam upaya tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Kasat Binmas Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Haryani Bahri, SH saat melakukan kegiatan penyuluhan tentang antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan bencana alam dalam rangka Ops Bina Karuna Singgalang 2022 bersama Kasatgas Preemtif Ops Bina Karuna Singgalang, di Desa Rambai, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, pada Senin siang 18 Juli 2022.

Haryani Bahri yang dihubungi Pionir Selasa pagi, 19 Juli 2022 menegaskan bahwa Satgas Ops Bina Karuna Singgalang 2022 Polres Pariaman, secara rutin akan melakukan patroli pencegahan, penanganan dan pengendalian terhadap kebakaran hutan dan lahan.

"Patroli ini bertujuan untuk melakukan evaluasi serta anev lokasi-lokasi yang rawan terhadap kebakaran lahan sehingga pada pelaksanaannya bisa menyentuh langsung kepada sasaran rawan kebakaran hutan dan lahan," ujarnyanya.

Menurut Haryani Bahri, kegiatan patroli dan imbuan yang dilakukan benar-benar mencegah terjadinya karhutla mengingat kesadaran masyarakat yang masih kurang memahami dampak yang diakibatkan karena adanya karhutla.

“Tidak menutup kemungkinan masih adanya masyarakat yang melakukan kegiatan pembersihan lahan dengan cara dibakar. Jadi ini perlu dilakukan imbauan  secara rutin kepada masyarakat, bahwa membuka lahan dengan cara membakar dapat merusak alam dan mengganggu kesehatan,” ujarnya. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments