Ka.Yanma Polda Sumbar Minta Personelnya Terapkan Prinsip 5S

Ka.Yanma Polda Sumbar Minta Personelnya Terapkan Prinsip 5S

Padang, Pionir--Untuk lebih dekat pada masyarakat, Kepala Pelayanan Markas (Ka.Yanma) Polda Sumatera Barat (Sumbar), AKBP Dr Budi Prayitno SE MH berupaya menggeser kesan angker pada polisi dan berupaya lebih humanis, terutama bagi personel Yanma sendiri, agar bisa berbaur ke tengah masyarakat.

Dikatakan, Yanma yang merupakan unsur pelayanan yang berada di bawah Kapolda dan bertugas menyelenggarakan pelayanan markas, harusnya berupaya lebih humanis. Sebab, kata AKBP Budi Prayitno, salah satu tugas dari Yanma itu adalah memberikan pelayanan angkutan, pengawalan protokoler, penjagaan markas, dan urusan dalam di lingkungan Polda Sumbar yang membutuhkan sikap humanis.

Selain itu, lantaran Yanma menyelenggarakan fungsi pemberian bimbingan dan arahan teknis pelaksanaan pelayanan markas atau kantor kepada penyelenggara urusan dalam pada semua Satker di lingkungan Polda; pembinaan, pengadministrasian, perencanaan program dan anggaran, pelayanan penatausahaan materiil logistik di lingkungan Yanma serta pengaturan perumahan di lingkungan Polda; pelayanan markas, fasilitas perkantoran, dukungan komunikasi, dan elektronika markas serta pemakaman di lingkungan Polda dan lainnya, sangat membutuhkan sikap yang humanis.

AKBP Budi Prayitno yang dihubungi Pionir, Senin 1 Agustus 2022, juga mengatakan, ia berupaya menyampaikan amanah kepada anggotanya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tidak hanya mengutamakan 3S (senyum, sapa, salam) saja, tapi adalah 5S (senyum, sapa, salam, safety atau keamanan dan stand by atau bersiap).

Kata Budi Prayitno, sebenarnya seorang polisi dalam memberikan pelayanan harus memiliki prinsip 5S ini, sebagai wujud keharmonisan bahwa Polri sangat memasyarakat dengan warganya.

Karena itulah kata Budi Prayitno, ia juga berupaya mengingatkan pada 30 orang anggota pos penjagaan di Polda Sumbar agar menerapkan prinsip 5S ini dalam melaksanakan tugas di pos penjagaan, baik yang bertugas di pos penjagaan bagian depan, maupun pos penjagaan bagian samping, di Mako Polda Sumbar di Jalan Jendral Sudirman Padang. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments