Bhabinkamtibmas Polsek Nan Sabaris Imbau Warga Waspada Aksi Pencurian

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Nan Sabaris Imbau Warga Waspada Aksi Pencurian

Nan Sabaris, Pionir-Bhabinkamtibmas Polsek Nan Sabaris, Polres Padang Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Aipda Defri Rusdianto menghimbau warga binaanya meningkatkan kewaspadaan terhadap  aksi pencurian. Ini mengingat tidak beberapa hari lagi bulan suci Ramadahan 1444 H akan datang. Biasanya menjalang datang bulan Ramadhan tersebut di barengi tinggi nya kasus pencurian. Baik itu pencurian ternak maupun pencurian rumah kosong. 

Meningkatnya angka kriminalitas di bulan Ramadhan itu disebabkan karna tinggi nya aktifitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sementara mereka sulit untuk mendapatkan lapangan pekerjaan di barengi melonjaknya harga kebutuhan pokok, hal ini disinyalir sebagi penyebab utama terjadinya peningkatan kriminalitas.

Aipda Defri Rusdianto mengatakan pada Pionir, untuk mencegah serta mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan pencurian tersebut melalui giat Tiada Hari Tanpa Silaturahmi (THTS) ia selalu memberikan imbauan kepada warga binannya untuk meningkatkan kewaspadaan terutama kepada warga yang memiliki hewan ternak, seperti Sapi dan Kambing.

"Kita sambangi warga yang memelihara hewan ternak baik Sapi maupun Kambing,  kita imbau mereka agar waspada terhadap pencurian hewan ternak," ucapnya

Dikatakannya, sebagian besar masyarakat di Kanagarian Sandi Ulakan ini bermata pencarian  petani, dan rata rata juga memelihara Sapi dan Kambing, saat mereka pergi ke sawah atau ke ladang untuk beraktivitas, Sapi ataupun Kambing hanya ditinggalkan tanpa pengawasan, begitu juga rumah mereka.

"Meski ditinggal ke sawah, lebih baik ada keluarga yang mengawasi, atau dititipkan kepada tetangga atau saudara yang dekat rumah. Sehingga jika ada orang yang berniat buruk bisa kita cegah," ujarnya.

Lanjut Aipda Defri Rusdianto mengatakan, pada giat THTS itu ia juga mengajak tokoh masyarakat, walinagari serta perangkatnya ikut berperan aktif dalam memelihara kondusifitas kamtibmas dan selalu meningkatkan sinergeritas antara Kepolisian dengan masyarakat agar tercipa rasa kebersamaan demi terciptanya rasa aman, nyaman di Kanagarian Sandi Ulakan, tukasnya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments