Wujudkan Derajat Kesehatan, Kapolsek Gunung Tuleh Hadiri Lokakarya Lintas Sektor

iklan adsense

Wujudkan Derajat Kesehatan, Kapolsek Gunung Tuleh Hadiri Lokakarya Lintas Sektor

Gunung Tuleh, Pionir--Dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, bukanlah menjadi tanggung jawab sektor kesehatan, puskesmas atau rumah sakit semata, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak. Karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, karena semua hal tidak akan berjalan jika pelaku atau manusianya tidak sehat.

Pernyataan itu terungkap saat Bhabinkamtibmas Polsek Gunung Tuleh untuk Nagari Rabi Jonggor, Bripka Parlindungan mewakili Kapolsek Gunung Tuleh, Polres Pasaman Barat, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Deswandi, SH menghadiri Lokakarya Lintas Sektor Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kesehatan, Kamis pagi 16 Maret 2023, di Aula Puskesmas Paraman Ampalu. 

Kata Iptu Deswandi, lokakarya lintas sektor ini adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi ditingkatan pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dikatakan Deswandi, pelaksanaan lokakarya lintas sektor ini sebagai implementasi terhadap amanat Permenkes, tentang manajemen puskesmas serta sebagai bentuk dukungan kepada puskesmas dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara layanan kesehatan di wilayahnya.

“Lokakarya lintas sektor merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas itu sendiri,” ujar Deswandi.

Dengan lokakarya lintas sektor ini Deswandi berharap akan mendapat dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat, termasuk Polres Pasaman Barat bersama Polsek jajaran. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments