Imbau Warga Waspada Perdagangan Orang Dengan Modus Kerja di Luar Negeri

iklan adsense

Imbau Warga Waspada Perdagangan Orang Dengan Modus Kerja di Luar Negeri

Sungai Rumbai, Pionir-- Bhabinkamtibmas Nagari Koto Ranah, Polsek Sungai Rumbai, Polres Dharmasraya Aipda Muspitar Ependi mengingatkan warga binaanya agar berhati-hati dan waspada agar tidak menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), utamanya melalui perekrutan pekerja ke luar negeri.

Kata Muspitar, dalam menjerat korbannya, sindikat TPPO tidak hanya menggunakan iming-iming gaji besar, proses dokumen mudah, cepat dan gratis, tapi juga menawarkan segala bentuk kemewahan dengan fasilitas yang bagus sebagai senjata ampuh untuk menipu masyarakat.

"Kita imbau masyarakat agar tidak tergiur dengan rayuan gaji besar kerja di luar negeri," ujarnya.

Dikatakannya, saat ini langkah preventif yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemantauan dan imbauan dari tingkat jorong hinga nagari. Sebab, Peranan kepala jorong dan walinagari juga bagian penting untuk memantau pergerakan warga yang hendak ke luar negeri untuk bekerja.

"Setiap warga yang akan meninggalkan daerahnya dalam waktu cukup lama, katanya, tidak mungkin untuk tidak terkonfirmasi ke Jorong dan ke walinagari. Oleh karena itu, kepala jorong dan walinagari termasuk perangkatnya, juga penting untuk melakukan pengawasan kepada warga," tukasnya (Henni Andri)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments