Masyarakat Juga Mempunyai Peran Penting Dalam Memelihara Kamtibmas

iklan adsense

Masyarakat Juga Mempunyai Peran Penting Dalam Memelihara Kamtibmas

Linggo Sari Baganti, Pionir--Untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif bukan hanya tanggung jawab Kepolisian semata. Namun masyarakat juga mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam mewujudkan kondusifitas kamtibmas, serta mendukung tugas Kepolisian dalam menjaga keamanan.

Ungkapan itu di sampaikan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Linggo Sari Baganti Polres Pesisir Selatan Polda Sumatera Barat (Sumbar) Aiptu Marjono saat melaksanakan kegiatan sambang dan Tiada Hari Tanpa Silaturahmi (THTS) bersama warga binaanya di Kampung Lagan Mudik Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat 01 September 2023.

Marjono mengatakan, peranan masyarakat itu  tertuang dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 pasal 30 amandemen ke-4 yang menyatakan, bahwa usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

"Ya, masyarakat juga memiliki peranan penting dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif," katanya.

Dikatakan Marjono, kompleksnya permasalahan sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat saat ini mendorong perlunya peran aktif dari masyarakat dalam mendukung terwujudnya kondisi Kamtibmas yang kondusif.

Sebab, masyarakatlah yang lebih memahami dan mengerti tatacara menciptakan suasana aman dan tertib di lingkungannya, karna, mereka lah yang memahami situasi daerah.

"Kebutuhan akan pentingnya terwujud stabilitas Kamtibmas yang kondusif tentunya tidak hanya menjadi keinginan dari Kepolisian saja,  tetapi juga bagi masyarakat itu sendiri," tukasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments