DESA TANGGUH NUSANTARA DI TUAPEIJAT DIRESMIKAN

iklan adsense
DESA TANGGUH NUSANTARA DI TUAPEIJAT DIRESMIKAN

MENTAWAI, Pionir--Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai tercatat sebagai salah satu Desa Tangguh Nusantara di Sumatera Barat (Sumbar). Kapolsek Sipora Iptu Donny Putra SH, MH pada Pionir mengatakan, Desa Tangguh Covid-19 ini baru saja diluncurkan pada Senin 29 Juni 2020, oleh Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet bersama tim dari Provinsi Sumatra Barat serta dari pihak Polda Sumatera Barat. 

Peluncuran Desa Tangguh Nusantara ini juga dihadiri oleh Forkopimda, Kapolres, Dandimn Danlanal, para Kepala Dinas Pemda Mentawai, Kepala BPBD Kebupaten Mentawai, serta di hadiri oleh Pamatwil dari Polda Sumbar yaitu KSPKT Polda Sumbar AKBP Firdaus ZN, SPdt. MSi. 

“Setelah peresmian, dilanjutkan dengan simulasi tentang pelaksanaan protokoler kesehatan saat mulai masuk gerbang Desa Tangguh Nusantara tersebut dimana diawali dengan pemeriksaan masker kepada orang yang akan masuk ke desa tersebut,” kata Donny. 
Bagi yang telah memakai masker kata Donny menambahkan, lalu dilakukan penyemprotan terhadap kendaraan dan barang-barang bawaan orang yang akan memasuki wilayah desa tersebut. 

Kemudian kata Donny menambahkan, mereka disarankan cuci tangan dan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan surat-surat di posko cek poin protokoler yang ada di dekat gerbang masuk. 
“Bila ditemukan suhu tubuh di atas batas normal yaitu di atas 37,5 derajat, maka orang tersebut akan dibawa oleh tim medis dengan alat pelindung diri (APD) lengkap ke Puskesmas untuk pemeriksaan kesehatannya lebih lanjut. 

Setelah itu orang tersebut dibawa ke rumah karantina yang telah disiapkan untuk menjalani masa isolasi selama 14 hari, dimana pada masa karantina diawasi oleh tim medis yang piket di rumah isolasi tersebut. 

Sementara itu untuk makan orang yang diisolasi telah disiapkan dapur umum untuk kebutuhan makannya,” jelas Donny. (Firman Sikumbang)
iklan adsense

Post a Comment

0 Comments