KETULUSAN MENGANTARKAN FIRMAN SIKUMBANG RAIH PENGHARGAAN

KETULUSAN MENGANTARKAN FIRMAN SIKUMBANG RAIH PENGHARGAAN 

PADANG, Pionir—Rabu 1 Juli 2020 itu, Firman Sikumbang, pemimpin redaksi portal media online pionirnews.com tak mampu menyembunyikan rasa harunya mana kala Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto memberikan penghargaan padanya karena gencar melakukan pemberitaan kegiatan Polri selama pandemi Covid-19. 

Firman Sikumbang sepertinya memiliki “potensi ketiga” dalam dirinya, yang tidak setiap orang mampu memiliki, menjaga serta mengembangkannya. “Potensi ketiga” itulah yang dinamakan dengan hati atau qalbu. Dengan “hati yang hidup inilah” Firman Sikumbang menjaga marwahnya sebagai seorang jurnalis. Tak mengherankan bila dalam menulis setiap pemberitaan, Firman Sikumbang Putra dari Jhoni Rj Lelo ini terlihat begitu berhati-hati. Karena kata dia, melalui rangkaian kata yang diramu menjadi berita akan terlihat derajat si penulisnya. 

Oleh karena itu, kata putra Nanggalo Kota Padang ini menambahkan, ia terus berupaya berhati-hati menggunakan kata-kata dalam setiap berita yang dibuatnya. 

Sebagian kawannya sesama jurnalis, Firman Sikumbang dikenal iklas dalam menjalankan profesinya sebagai jurnalis. Tak mengherankan bila karya tulisnya dagan judul “Keberadaan Polisi Benar-benar Dirasakan di Tengah Masyarakat dan karya tulis tentang Forum Kemitraaan Perpolisian dan Masyarakat (FKPM) pernah mendapat apresiasi secara nasional. 
Firman Sikumbang mengaku gerak prilakunya sebagai seorang jurnalis sama sekali tidak dipengaruhi oleh ada tidaknya penghargaan. Baginya, yang paling penting Allah rida kepadanya yang telah memilih jalur hidup sebagai seorang jurnalis. 

Penghargaan itu diterimanya dalam upacara Hari Bhayangkara ke-74 Polda Sumbar yang dipusatkan di ruangan pertemuan Jendral Polisi Hoegeng lantai empat Mapolda Sumbar. 

Bidang Humas Polda Sumbar mencatat sedikitnya ada sebanyak sebanyak 720 berita yang ditanyangkan di pionirnews.com terhitung semenjak bulan Februari sampai tanggal 1 Juli 2020. 

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu kepada awak media menyebut bahwa apa yang telah dilakukan Firman Sikumbang itu sebuah prestasi luar biasa, dan melebihi pemberitaan-pemberitaan yang diberitakan oleh media online dan media cetak lainnya. 

Satake Bayu menyebutkan, saat itu Kapolda Sumbar memberikan penghargaan kepada empat orang insan media yang aktif dalam pemberitaan di lingkup Polda Sumbar, yaitu Firman Sikumbang, Jhon Nedi Kambang Ketua IJTI Sumbar, yang berkontribusi dalam penyampaian informasi tentang kegiatan Polda Sumbar selama masa pandemi Covid -19 melalui aplikasi zoom. 

Kemudian Mario Sovia Nasution wartawan media online Antara Sumbar yang berkontribusi dalam menerbitkan berita tentang Polda Sumbar dan jajaran dalam kategori terbanyak mulai dari tanggal 1 Januari sampai 31 Mei 2020 dengan jumlah 298 berita. 

Selanjutnya Banua Siregar, wartawan media cetak Posmetro Padang yang ikut berkontribusi dalam pemberitaan Polda Sumbar dan jajaran sebanyak 134 berita terhitung sejak 1 Januari sampai 31 Mei 2020. 
“Penghargaan yang diberikan Kapolda Sumbar pada sejumlah insan media tersebut sebagai bentuk apresiasi pada media yang berdedikasi dalam pemberitaan di lingkup Polda Sumbar. 

Saya ucapkan terima kasih kepada para jurnalis yang telah bekerja sama selama ini, semoga sukses selalu," kata Satake Bayu. 

Satake berharap, dengan adanya penghargaan tersebut, bisa memberikan motivasi lebih dalam melayani, khususnya memberikan informasi yang dibutuhkan publik. 

"Polri dan awak media merupakan mitra kerja sejajar, keduanya saling mengisi dan membutuhkan, kinerja polisi perlu dipublikasikan dan media membutuhkan informasi kinerja polisi," ungkapnya. (daniel yohanda)
Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.