BHABINKAMTIBMAS POLSEK KAMPUNG DALAM SELESAIKAN PERTIKAIAN WARGA 

iklan adsense

BHABINKAMTIBMAS POLSEK KAMPUNG DALAM SELESAIKAN PERTIKAIAN WARGA 

PARIAMAN KOTA, PIONIR---Tugas seorang Bhabinkamtibmas memang terkesan sederhana, namun dibalik kesederhanaan itu tugas seorang Bhabinkamtibmas sungguh mulia. Dan  menjadi seorang Bhabinkamtibmas tidaklah mudah, selain kehadirannya sebagai polisi, Bhabinkamtibmas harus mampu bersosialisasi yang baik serta menempatkan diri ditengah masyarakat, kata Kapolsek Kampung Dalam AKP Kasman S.Sos.MH pada Pionir Selasa 15 Desember 2020. 

Dikatakan Kasman Bhabinkamtibmas tidak hanya sekedar menjaga keamanan didaerah binaannya, mengunjungi warga atau hanya memberikan atensi semata, namun juga mendengarkan setiap keluh kesah masyarakat. Untuk itu, para Bhabinkamtibmas dituntut untuk mencarikan solusi yang terbaik untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi ditengah kehidupan masyarakat, ungkapnya 

AKP Kasman menjelaskan, memang tidak semua masalah yang dapat diatasi oleh BhabinKamtibmas, akan tetapi para bhabin setidaknya harus mampu memfasilitasi permasalahan tersebut. Petugas Bhabinkamtibmas harus mampu menjadi suluh bendang (penerangan), dan menjadai sitawa sidingin (penyejuk) terhadap warga binaannya, katanya 

Peran dan tugas seorang Bhabinkamtibmas tidak bisa di pandang sebelah mata, mengingat kewajibannya yang selalu hadir di tengah tengah masyarakat membantu menyelesaikan, memecahkan masalah ( problem solving ) yang dialami oleh warga binaannya   

Hal inilah yang dilakukan oleh Brigadir Razul Yasir Bhabinkamtibmas yang bertugas di Kanagarian Kudu Gantiang, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

Siang itu, Selasa 15 Desember 2020 bersama tokoh masyarakat, niniak mamak, urang sumando, pemuda.dan cadiak pandai di Korong Kampung Tanjung menyelesaian masalah (problem solving) yang terjadi antara pemuda dan urang Sumando didaerah tersebut. 

Dalam menyelesaikan permasalahan itu Brigadir Razul Yasir mengajak tokoh masyarakat, niniak mamak, cadiak pandai serta memanggil kedua belah pihak yang bertikai.   

"Kita memberikan nasehat kepada mereka tentang pentingnya hidup rukun dan damai, tanpa adanya permusuhan antar masyarakat serta mengajak kedua belah pihak untuk saling memaafkan, imbaunya. 

Dalam mediasi itu, kedua belah pihak sepakat berdamai dan permasalahnya diselesaikan secara kekeluargaan, kesepakatan itu juga disetujui oleh tokoh masyarakat dan niniak mamak. 

Kesepakatan tersebut tertuang dalam surat perjanjian yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak, serta berjanji untuk tidak mengulanginya lagi dan tidak saling dendam atas kejadian yang sudah terjadi, ungkapnya   

AKP Kasman mengatakan, penyelesaian masalah warga binaan melalui problem solving yang dilakukan bhabinkamtibmas, bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak meluasnya permasalahan yang terjadi sehingga dapat menimbulkan konflik sosial, Jelasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments