KAPOLSEK SIPORA BERJANJI AKAN MEMBERIKAN MOTIVASI DAN PENGUATAN UNTUK KTN DESA MARA

KAPOLSEK SIPORA BERJANJI AKAN MEMBERIKAN MOTIVASI DAN PENGUATAN UNTUK KTN DESA MARA


MENTAWAI, Pionir—Ketika melaksanakan koordinasi dengan Kepala Desa Mara dan stafnya di Kantor Desa Mara dalam rangka mempersiapkan pembentukan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) pada Jumat 5 Maret 2021, Kapolsek Sipora, Polres Kepulauan Mentawai, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Donny Putra, SH.MH mengingatkan bahwa Kampung Tangguh diharapkan muncul dari inisiasi masyarakat itu sendiri. Dengan demikian keberadaannya akan efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Donny Putra menegaskan, Polsek Sipora tidak akan menutup mata akan keberadaan Kampung Tangguh di Desa Mara. Bahkan Polsek Sipora akan memberikan motivasi dan penguatan untuk keberadaan Kampung Tangguh Nusantara tersebut.

“Kampung tangguh dapat berjalan dengan baik bila muncul dari keinginan masyarakat itu sendiri. Dengan begitu masyarakat akan memperjuangkan keberadaan kampung tangguh yang  dibentuknya,” ujar Donny Putra.

Dony mengatakan, pembuatan Kampung Tangguh akan menjadikan desa sebagai garda terdepan dalam menghadapi Covid-19 dan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan. 

“Kampung Tangguh Desa Mara ini tak hanya mampu mendorong warga agar menjadi tangguh dalam situasi pandemi, dan masyarakat sendiri harus proaktif membenahi perilaku sesuai konsep Kampung Tangguh,” kata Donny mengingatkan.

Iptu Donny Putra mengatakan, ia hadir di Desa Mara bersama Kanit Bimas dan Bhabinkamtibmas Desa Mara melaksanakan koordinasi dengan Kepala Desa Mara dan stafnya di Kantor Desa Mara untuk mewujudkan poin terkait Kampung Tangguh. Ia menegaskan, dengan adanya Kampung Tangguh ini, TNI dan Polri hanya mendorong agar terbentuk segera. Tetapi hal ini tidak bisa berjalan sendiri sehingga peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan.

Setelah berkoordinasi dengan Kepala Desa Mara dan stafnya lalu Kapolsek Sipora dan anggota meninjau langsung beberapa lokasi yang akan menjadi ketangguhan di Desa Mara tersebut yang nantinya dipersiapkan menjadi ketangguhan ketahanan pangan, ketangguhan ekonomi dan ketangguhan kesehatan.

Beberapa lokasi yang ditinjau oleh Kapolsek bersama Kepala Desa dan Kepala Dusun di antaranya : lokasi peternakan sapi yang dikelola oleh Kelompok Tani Roro Sibau yang berada di Dusun Mara Timur, lokasi perkebunan keladi yang berada di Dusun Monga serta  lokasi perkebunan pinang di Dusun Monga.

“Selain peternakan sapi, perkebunan keladi, perkebunan pinang masih ada lagi yang akan di jadikan ketangguhan ketahanan pangan dan ekonomi di Desa Mara, diantaranya perkebunan singkong, sawah, perkebunan kelapa untuk kopra, perkebunan sagu dan pengolahan sagu oleh ibu-ibu secara manual,” kata Iptu Donny Putra. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments