PENGGUNAAN MESIN PENGGILING PADI JADI PERHATIAN AKP KASMAN

PENGGUNAAN MESIN PENGGILING PADI JADI PERHATIAN AKP KASMAN


PARIAMAN KOTA, Pionir--Kapolsek Kampung Dalam, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Kasman, S.Sos.MH menyadari betul bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat, akan berpengaruh terhadap masalah keselamatan kerja. 

“Kehidupan yang semakin maju, bukan berarti upaya manusia untuk mensejahterakan kehidupannya tidak menimbulkan masalah. Perkembangan teknologi memang melahirkan suatu kemajuan, tetapi di sisi yang lain justru melahirkan masalah-masalah yang baru. Kemajuan teknologi memang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik, tetapi sekaligus juga menimbulkan berbagai risiko-risiko, salah satunya pada teknik penggilingan padi,” kata Kasman. 

Untuk itulah, pada Rabu 17 Maret 2021, Kasman memerintahkan Bhabinkamtibmas Nagari Sikucua Tengah Briptu Dahnil Khodrianto melakukan door to door system (DDS) dengan masyarakat Kampung Tanjung yangg sedang mengiling padi menggunakan teknologi.

“Saat itu Briptu Dahnil Khodrianto mengimbau agar masyarakat berhati-hati dalam mengunakan mesin penggiling padi dalam antisipasi kecelakaan kerja dan tetap mengimbau patuhi protokol kesehatan Covid 19,” ujar Kasman.

Dikatan Kasman, hal itu penting untuk disampaikan pada masyarakat, karena faktor penyebab kecelakaan kerja dalam teori domino adalah tindakan tidak aman dari manusia  atau istilah kerennya unsafe act dan kondisi tidak aman atau unsafe condition. 


“Model teori ini, kejadian kecelakaan kerja seperti efek batu domino yang tersusun, apabila salah satu terjatuh maka akan menimbulkan dan menyebabkan kerugian. Urutan terjadinya kecelakaan kerja menurut teori ini yaitu kurangnya kontrol atau ketimpangan sistem manajemen menimbulkan adanya penyebab tidak langsung dan penyebab langsung terjadi kecelakaan dan mengakibatkan kerugian. Kecelakaan kerja yang terjadi akan menimbulkan kerugian yang besar, baik kerugian ekonomi, kerugian material, dan kerugian fisik. Kerugian yang terjadi dapat berupa kerugian ekonomi, seperti : kerusakan alat atau mesin, biaya pengobatan dan perawatan dan lainnya,” ujar AKP Kasman. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.