POLRES PADANG PANJANG DIKUNJUNGI TIM PENILAIAN PUSLITBANG POLRI

POLRES PADANG PANJANG DIKUNJUNGI TIM PENILAIAN PUSLITBANG POLRI

PADANG PANJANG, Pionir—Belakangan kualitas  penyelenggaraan  layanan  publik  di  institusi  Kepolisian  terus  menjadi  sorotan berbagai  pihak,  baik  oleh  masyarakat,  kalangan  akademisi,  praktisi  dan  media  massa dan lainnya.

Di sisi lain personel Polri yang Presisi dan kepuasan masyarakat terhadap layanan kepolisian merupakan pondasi kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri. Polri yang bertugas mengemban fungsi di bidang pemeliharaan dan keamanan, ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan pada masyarakat. 

Untuk itu, dalam rangka mengukur kepuasan masyarakat atas layanan Kepolisian di Polres Padang Panjang, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Tim Penilaian Puslitbang Polri telah datang mengunjungi Mapolres Padang Panjang pada Selasa siang 2 Maret 2021 lalu.

Ini diakui Kapores Padang Panjang, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Apri Wibowo, S.IK pada Pionir, Jumat 5 Maret 2021. ”Benar, pada hari Selasa kemarin Tim Penilaian Puslitbang Polri telah datang mengunjungi Mapolres Padang Panjang dalam rangka mengukur kepuasan masyarakat atas layanan Kepolisian yang telah kami berikan,” kata Apri Wibowo.  

Dikatakan Apri Wibowo Tim Penilaian Puslitbang Polri yang dipimpin Kombes Pol Saefuddin M SIK didampingi Waka Polres Kompol Hamidi, SH.

“Adapun Kunjungan dari Tim Penilitian Puslitbang Polri dalam rangka mengukur kepuasan masyarakat atas pelayanan kepolisian di Polres Padang Panjang serta dapat untuk menganalisis, memperoleh data, fakta dan informasi, serta masukan dari publik terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Poiri, khususnya layanan pada fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas, dan Sabhara,” ujar Apri Wibowo. 

Ia pun mengatakan, Puslitbang  Polri  dalam  kurun  waktu  empat  tahun terakhir,  dari  tahun  2015  sampai  dengan  tahun  2018,  sebagaimana  Renstra  Polri,  menunjukkan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri. 

Dikatakan, secara berturut-turut hasil tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri dari tahun 2015 sampai tahun 2018 adalah sebagai berikut sebesar: 65,92%; 68,99%; 80,31%, dan 82,32%.

“Daya tanggap (responsiveness) tercermin dari kesediaan personel Polri menolong masyarakat, menginformasikan berbagai hal terkait layanan kepolisian dan kemudahan melakukan hubungan komunikasi yang baik (empati). Jaminan (assurance) terhadap kualitas layanan kepolisian diindikasikan oleh pengetahuan dan  kesopanan  personel  Polri  sehingga  terpercaya  dalam  melakukan  melakukan  tugas  kepolisian dan kesesuaian (conformance) prosedur dan biaya merupakan salah satu aspek penilaian kualitas layanan kepolisian,” ujar AKBP Apri Wibowo. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments