Bhabinkamtibmas Nagari Duo Koto Berperan Aktif dalam Penanggulangan Bencana

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Nagari Duo Koto Berperan Aktif dalam Penanggulangan Bencana

AGAM, PIONIR---Disamping membina masyarakat, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Nagari Duo Koto, Brigadir Heriyandi, berperan aktif dalam penanggulangan bencana di nagari binaannya.

Polisi dengan postur tegap itu, tidak hanya memberikan arahan dan motivasi namun terjun langsung bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) Siaga Bencana Nagari Duo Koto yang terdiri dari perangkat nagari dan relawan Komunitas Masyarakat Peduli Api (KMPA).

Tanpa sungkan, dia membaur dan bahu membahu dengan relawan membersihkan material pohon tumbang akibat angin kencang yang melanda satu minggu terakhir.

Seperti Kamis (1 April 2021), angin kencang yang melanda menyebabkan pohon tumbang menimpa bangunan dan menutup akses jalan di 6 titik di nagari Duo Koto. Tanpa menunggu lama, Brigadir Heriyandi bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) Siaga Bencana langsung terjun ke lokasi membersihkan material kayu tumbang tersebut.

Dengan mengoperasionalkan motor pintar dan mesin pemotong kayu mini, dia bersama relawan TRC berjibaku bekerja bahu menbahu membersihkan enam titik pohon tumbang di nagari tersebut. Empat titik di Jorong Mudiak yakni, di Pincuran Tujuah, Surau Gadang, depan kantor jorong dan di Bansa, sedangkan di Jorong Tanjung Batuang yakni, di jalan menuju Masjid Istiqomah dan di Simpang Linggai.Hanya beberapa jam saja, enam titik tersebut berhasil disterilkan

Begitu pula pada Minggu, (4 April 2021), dampak terjangan angin badai, dini hari, memicu serangkaian musibah. Dilaporkan, 4 buah rumah rusak parah, bahkan angin kencang menyebabkan pohon tumbang itu juga menimpa kompleks puskesmas Pasa Ahad, kecamatan Tanjung Raya, yang menyebabkan areal parkir dan 1 unit ambulance milik puskesmas rusak parah.

Tanpa menunggu lama, relawan TRC bersama dengan Bhabinkamtibmas yang mudah senyum itu, turun tangan membersihkan material pohon. Dengan menggunakan mesin pemotong kayu mini dan parang, mereka membersihkan material pohon di puskesmas yang memiliki layanan UGD itu.

Tidak hanya itu, Senin (5 April 2021), Brigadir Heriyandi  juga menggelar goro bersama tim KMPA, membersihkan material pohon kelapa yang tumbang dengan menggunakan mesin pemotong kayu (senso), di Jorong Tanjung Batuang, Nagari Duo Koto. Pohon kelapa tersebut disenso menjadi potongan-potongan kecil agar bisa dimanfaatkan. 

Masih di hari yang sama, pria berpostur tegap itu memabur bersama warga menebang satu batang kayu nangka yang beresiko tumbang dan bisa menimpa rumah warga, di dekat PDAM Pasar Ahad.

Wali Nagari Duo Koto, Joni Safri, sangat mengapresiasi peran aktif Bahabinkamtibmas Brigadir Heriyandi dalam penanggulangan bencana yang terjadi di nagarinya.

“Terima kasih pak Bhabin Heriyandi yang telah membina TRC Siaga Bencana dan langsung turun tangan membantu warga. Semoga menjadi ladang amal dalam dedikasi beliau di Nagari Duo Koto ini,” ujarnya. (Edy)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments