KAPOLSEK V KOTO KAMPUNG DALAM IKUTI RAPAT PEMBERIAN GELAR SANGSAKO PADA KAPOLRES PARIAMAN

iklan adsense

KAPOLSEK V KOTO KAMPUNG DALAM IKUTI RAPAT PEMBERIAN GELAR SANGSAKO PADA KAPOLRES PARIAMAN

PARIAMAN, Pionir—Kaum suku Jambak, Nagari Kudu Gantiang, Kecamatan V Koto Timur,  Kabupaten Padang Pariaman telah sepakat akan menyandangkan gelar sangsako kepada Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana M.Psi.

Kata kata Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Keselarasan V Koto Kampung Dalam, Zulkarnain Datuak Bandaro Basa, gelar sangsako yang akan diberikan pada Kapolres Pariaman itu setelah diusulkan oleh masyarakat dan organisasi serta atas inisiatif kaum suku Jambak. 

Dikatakan Datuak Bandaro Basa, usulan itu pun sudah dibahas melalui kerapatan adat Nagari Kudu Gantiang. Intinya, pemberian gelar sangsako pada Kapolres Pariaman itu disetujui oleh seluruh penghulu yang ada.

Setelah semuanya sepakat, kata Datuak Bandaro Basa, akhirnya diputuskan gelar sangsako yang akan ditempatkan di depan nama Kapolres Pariaman adalah Sutan Tejo Bandaro Ameh Deny Rendra Laksmana. Sementara gelar yang akan diberikan untuk drg Wahyu Wirdaningsih, istri Kapolres Pariaman adalah Bundo Nan Elok Salendang Dunia, yang berasal dari Ketua Bundo Kanduang Sumbar Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib.

Bahkan seperti diketahui, untuk kegiatan palewaan gala sangsako Sutan Tejo Bandaro Ameh kepada AKBP Deny Rendra Laksmana tersebut Ketua LKAAM Keselarasan V Koto Kampung Dalam Zulkarnain Datuak Bandaro Basa, Ketua LKKAM Kabupaten Padang Pariaman Drs. H. Damsuar Dt. Bandaro Putiah, MM dan Ketua LKAAM Kota Pariaman terpilih Genius Umar Rangkayo Rajo Gandam diwakili Sekretaris Sidi Priyadi S.Sos, M.Pd bersama pengurus masing-masing mendatangi Ketua LKAAM Sumbar Drs. M Sayuti Dt Rajo Panghulu, M.Pd, di kompleks Masjid Raya Sumbar di Jalan Ahmad Dahlan, Kota Padang, pada hari Jumat 2 April 2021 lalu.

Sebagai kelanjutan dari pertemuan itu Ketua LKAAM Keselarasan V Koto Kampung Dalam Zulkarnain Dt Bandaro Basa, Ketua panitia pelaksana pemberian Gelar Sangsako, seksi kesenian tradisional Aggnest dan bersama Ketua Harian LKAAM Kabupaten Padang Pariaman Abdul Ghani Arif kembali melakukan  rapat koordinasi, Kamis 20 Mai 2020 untuk malewakan gelar tersebut.

Rapat ini juga dihadiri Kapolsek V Koto Kampung Dalam, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Kasman, S.Sos, MH.

Kata Kasman, rapat tersebut membahas tatacara kerja masing-masing seksi demi kelancaran prosesi adat tersebut. 

“Rapat akan diadakan kembali pada hari Rabu tanggal 26 Mei 2021 jam 09.00 Wib di Masjid Istiqomah Korong Tigo Jerong, Nagari Kudu Gantiang Barat dengan menghadirkan Kapolres Pariaman,” kata AKP Kasman. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments