MASIH MADAR, PASIEN COVID-19 YANG SEDANG ISOLASI DIDATANGI PETUGAS

MASIH MADAR, PASIEN COVID-19 YANG SEDANG ISOLASI DIDATANGI PETUGAS

MENTAWAI, Pionir—Salah seorang warga Desa Tuapejat yang tengah menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19 dinilai tidak disiplin. Meski ia tengah menjalani isolasi, namun warga tersebut masih bersosialisasi dan berkomunikasi dengan masyarakat setempat.

Oleh karena itu Bhabinkamtibmas Polsek Sipora Desa Tuapejat Brigadir Yasser Rinaldi selaku petugas tracer di desa binaannya bersama-sama dengan petugas Puskesmas dan petugas Posko PPKM Skala Mikro Desa Tuapejat mendatangi rumah salah satu warga yang sedang menjalani isolasi mandiri tersebut pada Senin 21 Juni 2021.

“Hal ini dilakukan Brigadir Yasser Rinaldi karna ia mendapat kabar adanya warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya, namun tetap keluar rumah dan berkomunikasi dengan tetangganya,” ujar Kapolsek Sipora, Polres Kepulauan Mentawai, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Donny Putra, SH. MH pada Pionir melalui telpon seluler pada Senin malam.

Padahal kata Donny Putra, pasien berusia 35 tahun itu terpapar Covid-19 dan diharuskan tetap berada di rumah tidak boleh keluar rumah demi tetangga atau orang lain. 

Saat itu kata Donny, Brigadir Yasser Rinaldi bersama petugas kesehatan mengingatkan pasien tersebut bila tidak melaksanakan isolasi mandiri dengan baik, maka Bhabinkamtibmas dan relawan Posko PPKM Skala Mikro maupun pihak Puskesmas akan membawa ke tempat isolasi khusus. 

Dikatakannya, selain mengingatkan dan menegur pasien yang tidak isolasi mandiri dengan baik Bhabinkamtibmas dan petugas Puskesmas serta relawan posko PPKM juga melakukan tracking dan testing dimana selain pasien yang positif dan sedang menjalani isolasi mandiri akan menjalani swab, termasuk tetangga yang ikut kontak dengan pasien tersebut. 

“Setelah di tracking didapat keterangan yang bersangkutan berinteraksi ke rumah tetangganya sehingga 3 orang tetangganya yang berada dalam satu rumah tersebut langsung dilakukan testing dengan mengambil dan dilakukan swab untuk mengetahui apakah 3 orang tetangganya tersebut juga terkonfirmasi atau tidak,” ujar Iptu Donny Putra. 

Dikatakan saat ini ke 3 orang tetangga dari pasien terpapar Covid 19 yang sedang melaksanakan isolasi mandiri tersebut juga disarankan melaksanakan isolasi mandiri sampai nanti keluar hasil swab yang di ambil. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments