BHABINKAMTIBMAS POLSEK KAMPUNG DALAM IMBAU WARGA WASPADA BENCANA ALAM

BHABINKAMTIBMAS POLSEK KAMPUNG DALAM IMBAU WARGA WASPADA BENCANA ALAM

PARIAMAN KOTA, PIONIR--- Bhabinkamtibmas Nagari Kudu Ganting, Polsek Kampung Dalam, Polres Pariaman Kota, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Bripka Razul Yasir mengimbau warga masyarakat didaerah binaanya untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam, seiring makin meningkatnya curah hujan dalam beberapa hari terakhir.

Kata Bripka Razul Yasir tingginya curah hujan ini bisa mengakibatkan peningkatan elevasi sungai yang berpotensi terjadinya bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.

"Seperti kita ketahui, bencana alam ini tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Untuk itu, sikap waspada selalu kita lakukan. Meski demikian,  tentunya kita tidak berharap bencana itu terjadi," kata Bripka Razul Yasir saat menyambangi tokoh masyarakat dan ketua pemuda Kanagarian Kudu Ganting, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis 18 Agustus 2021.

Pada kesempatan itu, ia  pun mengingatkan warga untuk memberikan informasi secepatnya kepada pihak kepolisian dan pemerintah setempat jika mengetahui tanda-tanda bencana. Sehingga bisa segera diantisipasi dan tidak menimbulkan korban jiwa maupun harta benda.

Dikatakannya upaya monitoring di lapangan perlu kita lakukan setiap saat. Terutama, di daerah yang berada di sepanjang aliran sungai dan perbukitan," ucapnya.

Disamping itu kata Razul Yasir pemerintah Kecamatan dan Nagari terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) secara rutin. Kami minta pihak Kecamatan dan Nagari agar segera memberikan informasi jika ada potensi terjadinya bencana,” pesannya.

Ia juga mendorong peran serta seluruh komponen masyarakat dalam penanggulangan dan pencegahan terjadinya bencana. Sebab, persoalan penanggulangan dan pencegahan bencana ini, tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah saja. Namun butuh dukungan dari berbagai pihak dan masyarakat, katanya.

Dikatakan Jika kondisi hujan dengan intensitas lebat, maka perlu kewaspasdaan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan tanah longsor," tuturnya (awik)








Post a Comment

0 Comments