BERADA DI WILAYAH KEPULAUAN Polres Mentawai Cari Strategi Penanggulangan Covid-19

BERADA DI WILAYAH KEPULAUAN 

Polres Mentawai Cari Strategi Penanggulangan Covid-19

Mentawai, Pionir¬--Kondisi  geografis di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang terdiri  dari pulau-pulau, diakui Kapolres setempat AKBP Mu’at ikut memperlambat proses distribusi logistik Covid-19, ditambah lagi terbatasnya sarana transportasi ke daerah perbatasan dan terluar.

Oleh karena itu kata Mu’at pada Pionir Rabu (01/09/2021), ia harus memutar otak agar penanggulangan dan pencegahan Covid-19  di Kepulauan Mentawai itu harus bisa berjalan maksimal, seperti bekerjasama dengan pihak penyedia transportasi laut untuk mempercepat proses distribusi serta berkordinasi dengan instansi lain, seperti TNI untuk membantu dalam proses distribusi barang. 

Upaya lain yang dilakukan kata Mu’at adalah mendorong terus kesadaran masyarakat  dalam perubahan perilaku mematuhi protokol kesehatan dalam bentuk persuasif maupun upaya penegakan disiplin.

Kemudian kata dia menambahkan, pihaknya juga merencanakan dan mempersiapkan upaya active detection case atau kasus deteksi aktif dengan membuat target  jumlah test, yang dilakukan secara terpilih di tempat berkerumun masyarakat, termasuk dalam upaya  mempersiapkan logistik dan tempat isolasi.

“Kita juga berupaya memperkuat kebijakan wilayah melalui penguatan kepemimpinan dan koordinasi antar lembaga, dinas terkait termasuk pelibatan peran masyarakat harus terus secara aktif dilakukan,” terang Mu’at.

Polres Kepulauan Mentawai kata Mu’at menambahkan, juga memperkuat upaya pencegahan penularan dan memperlambat laju penularan melalui testing dan tracing. 

“Testing ini harus secara aktif dilakukan, dengan sasaran masyarakat dengan semua kategori usia, baik anak-anak pelajar dberusia mulai dari 12 tahun, para nakes, ASN dan TNI/Polri dan lansia. Ini kita laksanakan bersama-sama Satgas Covid,” ujarnya.

Dikatakannya, pelaksanaan tracing yang aktif dan intens teehadap kontak erat dengan pasien terpapar Covid-19 juga terus dilakukan oleh para Bhabinkamtibmas bersama Satgas Covid dan sukarelawan PPKM.

Mu’at juga mengatakan bahwa pihaknya juga rutin melakukan cek point di pelabuhan-pelabuhan pintu masuk keluar pulau. 

“Kita memberlakukan penyekatan dan pengawasan di pelabuhan-pelabuhan termasuk Bandara Rokot. Orang orang yang masuk ke Mentawai harus bebas Covid-19 dengan menunjukkan surat bebas covi dan antigen rapid,” beber Mu’at. (Fiirman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments