Kapolres Mentawai Meyakini Agama Mampu Menjadi Perekat Sosial

Kapolres Mentawai Meyakini Agama Mampu Menjadi Perekat Sosial 

Mentawai, Pionir—Sebagai seorang Kapolres di wilayah kepulauan, dimana masyarakatnya masih memelihara adat istiadat dengan kuat, Kapolres Kepulauan Mentawai, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Mu'at SH MM menyadari betul bahwa agama merupakan fenomena universal yang selalu melekat pada diri masyarakat di wilayah kepulauan tersebut.

Oleh karena itu Mu’at pun meyakini bahwa kajian tentang agama  selalu  akan  terus  berkembang  dan  tetap  menjadi sebuah  kajian  penting  seiring  dengan  perkembangan  ilmu pengetahuan. 

Ia pun memahami keragaman definisi agama yang kerap muncul di tengah pemeluk agama yang berbeda-beda, muncul dikarenakan atau sebagai ekspresi manusia dalam merespon terhadap permasalahan kehidupan  yang  melingkupi. “Yang  menarik  adalah  bahwa mereka sepakat bahwa agama memiliki peran penting dalam  kehidupan  manusia, bahkan memiliki daya  rekat sosial dalam masyarakat mejemuk,” ujar Mu’at.

Menyadari kenyataan itu kata Mu’at kepada Pionir, Rabu 15 September 2021, untuk meningkatkan sosialisasi penanganan virus Covid-19 kepada masyarakat ia kerap memanfaatkan melalui ceramah di masjid-masjid yang ada di wilayah hukumnya.

Ia pun mencontohkan kegiatan pemberian ceramah imbauan kamtibmas dan prokes di Masjid Alfalah Muara Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, saat mengunjungi Polsek Sikabaluan yang berbarengan dengan kegiatan peresmian kantor Bank Nagari Cabang Sikabaluan bersama dengan Pemkab Mentawai, Selasa (14/09/2021).

Pada kesempatan itu, Mu’at mengajak pengurus masjid dan masyarakat agar selalu menjaga kesehatan serta tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 masih berlangsung. 

Ia juga mengingatkan, dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tingkat desa atau kelurahan diharapkan kepada masyarakat dalam beraktivitas selalu menggunakan masker, hindari kerumunan, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas.

Langkah lain yang dilakukan Mu’at untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah hukumnya adalah dengan merangkul tokoh masyarakat, tokoh adat, agama dan kaum milenial yang menjadi perpanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk mengajak masyarakat agar patuh protokol kesehatan (prokes) dan mau berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi.

Muat memastikan bahwa pihaknya akan terus menggencarkan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 hingga ke pelosok-pelosok.

Dikatakannya, sosialisasi tersebut dilakukan agar warga semakin patuh protokol sehingga daerah itu bisa segera kembali ke zona hijau.

“Polres Kepulauan Mentawai juga melibatkan para personel polsek jajaran serta Bhabinkamtibmas di seluruh desa atau nagari dalam melakukansosialisasi dan edukasi tersebut,” kata Mu’at

Dikatakannya, selain bertatap muka langsung dengan warga dari rumah ke rumah, sosialisasi dan edukasi juga dilaksanakan saat personel bertemu dengan jamaah di beberapa masjid di daerah masing-masing.

"Seperti kegiatan yang kita lakukan di Masjid Alfalah Muara Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara tersebut. Saat itu kita sampaikan beberapa pesan agar warga patuh menjalankan prokes dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Ia mengatakan, selain memberikan pemahaman terkait Covid-19 dan cara melindungi diri masing-masing agar tidak tertular atau menularkan virus tersebut, personel Polres Kepulauan Mentawai juga membagikan masker kepada jamaah di masjid saat itu.

"Kami juga menyampaikan beberapa pesan terkait upaya bersama menjaga kamtibmas di lingkungan terkecil masing-masing, pencegahan paham radikal dan gerakan antiPancasila yang perlu diberantas bersama-sama," ucapnya.

Melalui kegiatan itu Mu’at pun berharap bisa mendekatkan para personel Polri dengan masyarakat dan para pemuka agama, sekaligus memudahkan upaya bersama menjaga kamtibmas.

"Kami juga berpesan agar para personel Polres Kepulauan Mentawai bisa menjadi contoh yang baik di tengah masyarakat dalam upaya memakmurkan masjid, menjaga hubungan baik antarwarga dan menjaga kamtibmas," katanya.

Saat melakukan edukasi dan sosialisasi itu Kapolres Mentawai ini tak lupa pula memberi gambaran kepada warga tentang ciri dan gejala orang yang terinfeksi Covid-19 serta bagimana upaya pencegahan yang dapat dilakukan agar dapat mencegah penyebaran Covid-19.

Mu’at juga berharap melalui imbauan dan sosialisasi yang dilakukan dapat menekan penyebaran Covid-19 di wilayah hukumnya dengan melakukan penerapan protokol kesehatan serta menajga imunitas tubuh.

“Kepada masyarakat terus mengikuti dan mengindahkan protokol kesehtan, penanganan dan penanggulangan Covid-19, untuk menghindari resiko tertular, mengingat sampai dengan saat ini penyebaran Covid-19 masih ada,” kata dia. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments