TERIMA PRESISI AWARD Kinerja Polres Bukittinggi Dihargai Lemkapi

TERIMA PRESISI AWARD 

Kinerja Polres Bukittinggi Dihargai Lemkapi

Bukittinggi, Pionir—Polres Bukittinggi, Polda Sumatera Barat (Sumbar) baru saja menerima “kepercayaan” dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi). Ini dibuktikan dengan diterimanya penghargaan Presisi Award, yang diserahkan pada Selasa 12 Oktober 2021 di aula Polres Bukittinggi.

Direktur Eksekutif Lemkapi Dr. Edi Saputra Hasibuan, SH, MH, didampingi Tim Riset Leemkapi Irpan Daulay, SH dan Risetd dan Penasehat Lemkapi Mahmuddin Nasution, SH, menilai kinerja jajaran Polres Bukittinggi presisi merupakan wujud program Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. 

“Dalam hal Polri Presisi, Polres Bukittinggi banyak melakukan prestasi dan inovasi serta terobosan dalam melaksanakan tugas pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat, terlebih di saat pandemi Covid-19, Polres Bukittinggi dengan kerja keras, loyalitas, dedikasi, dan inovasi dalam menggerakkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam menekan Covid-19, dan mengikuti vasksin di gerai-gerai Polri maupun Puskesmas juga Rumah Sakit,” kata Dr. Edi Saputra Hasibuan. 

Mantan anggota Kompolnas periode 2012 - 2016 ini menyebutkan, Lemkapi melakukan riset melalui pengamatan, penelitian dan pemantauan selama tiga bulan atas kinerja Polres Bukittinggi, dan Lemkapi berkesimpulan bahwa Polres Bukittinggi layak untuk mendapatkan Penghargaan Presisi Award dari Lemkapi. 

Ia juga mengatakan bahwa Lemkapi mendukung agar Polres Bukittinggi menjadi Polres Kota Bukittinggi. 

Kata Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara SH, SIK, MH pada Pionir penghargaan Presisi Award diberikan oleh Lemkapi atas dedikasi dan loyalitas Polres Bukittinggi dalam melakukan vaksinasi massal untuk mendukung program pemerintah sehari dua juta vaksin. 

Dikatakan Dody, Polres Bukittinggi pada vaksinasi wilayah Sumatera Barat melibatkan seluruh elemen masyarakat dengan membuka puluhan gerai di wilayah hukum Polres Bukittinggi untuk mewujudkan herd imunity.

Pemberian penghargaan Presisi Award ini selain diikuti Kapolres juga diikuti oleh Wakapolres Bukittinggi Kompol Sukur Hendri Saputra, SIK, Kabag Ops AKP Julianson, SH, MH, Kompol Irwan Santoso, para Kasat, para Kapolsek, para Kasubbag, para Kasi, Perwira, dan personil Polres Bukittinggi.

Polri makin dipercaya

Direktur Eksekutif Lemkapi Dr. Edi Saputra Hasibuan menyebutkan, pelayanan publik Polri saat ini semakin dipercaya oleh masyarakat berdasarkan hasil survei menjelang HUT Bhayangkara, 1 Juli 2021 lalu.

Dikatakannya, pada survei yang digelar pada 15 - 24 Juni 2021 dengan 800 responden di seluruh Indonesia, kepercayaan Polri mencapai 86,3 persen, kata Edi Hasibuan pada wartawan.

Ia juga mengatakan angka 86,3 persen itu mengalami kenaikan signifikan dibanding hasil survei pada 2020 yang mencapai 82,9 persen.

Angka 86,3 persen itu kata dia menambahkan, berarti masyarakat melihat kinerja Polri dalam pelayanan publik dengan beragam inovasi pelayanan semakin baik.

“Kenaikan itu terjadinya karena Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sejak dilantik pada 27 Januari 2021 terus menggencarkan berbagai inovasi pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi,” kata Edi Saputra.

Dikatakannya, ada pun sejumlah inovasi itu antara lain Polri secara bertahap sudah mengubah wajah penegakan hukum lalu lintas di jalan raya dari bertatap muka menjadi tilang elektronik (ETLE).

“Layanan lain pun dibuat secara daring antara lain perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM), pengawasan anggota Polri melalui aplikasi Propam Presisi, pengaduan melalui program aplikasi Dumas Online,” katanya.

Dikatakan Edi Saputra Hasibuan, semua inovasi Polri ini membuat pelayanan Polri makin sangat transparan.

“Selain layanan berbasis teknologi informasi, peningkatan kepuasan publik juga karena kehadiran Polri dan TNI di tengah masyarakat pada masa pandemi Covid-19,” ujarnya. (Fiirman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments