Wujudkan Herd Immunity Masyarakat, Sattahti Polres Pariaman Vaksinasi Para Tahanan

Wujudkan Herd Immunity Masyarakat, Sattahti Polres Pariaman Vaksinasi Para Tahanan

Pariaman Kota, Pionir--Dalam rangka mewujudkan herd immunity (kekebalan komunal), para tahanan juga merupakan bagian dari masyarakat yang perlu didorong untuk melakukan vaksinasi. 

Tujuan vaksinasi ini untuk memberikan perlindungan dan mengantisipasi terhadap penyebaran dan penularan virus COVID-19 bagi tahanan. 

Seperti yang dilakukan oleh Kasat Tahti Polres Pariaman Iptu Lukman, SH dan piket jaga tahanan dengan melaksanakan vaksinasi terhadap tahanan saat melakukan pengecekan kesehatan tahanan bersama dr. Dita Nelfinta Sari dari Klinik Polres Pariaman, Kamis (13/1/2022).

Kasat Tahti Polres Pariaman Iptu Lukman mengatakan, pelaksanaan pemberian vaksin bagi tahanan ini merupakan ikhtiar untuk mencegah penyebaran dan penularan Virus Covid-19. 

Sejalan dengan itu, kegiatan ini juga untuk memastikan kesehatan para tahanan. Jika tahanan ditemui dalam keadaan sakit, maka diberikan obat. 

Dari hasil pengecekan kesehatan itu, jumlah tahanan lengkap sebanyak 43 orang terdiri dari 21 orang tahanan polres, 22 orang tahanan titipan jaksa dan 3 orang tangkapan. "Kesemuanya dalam keadaan aman dan jumlahnta lengkap,"  tuturnya. 

Sebelum pelaksanaan vaksin, Dokter Pelaksana, dr. Putri  memberikan penjelasan kepada tahanan bahwa pentingnya vaksin bagi tubuh.

"Kami memberikan pemahaman kepada tahanan, bahwa vaksin Covid-19 itu aman untuk digunakan, serta menjawab kekhawatiran para tahanan setelah divaksin," kata Putri

Dia menyampaikan, vaksin Covid-19 bukanlah obat, tetapi merupakan upaya untuk dapat mencegah penularan dan penyebaran COVID-19 dengan membentuk kekebalan tubuh.

"Pemberian vaksin ini bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh. Tahap pemberian vaksin nanti akan dijelaskan dalam pelaksanaannya," tutup Putri. 

Hingga berakhirnya kegiatan vaksinasi dan pengecekan kesehatan tahanan, kegiatan berjalan dengan aman, lancar dan terkendali. (Uk1)

Post a Comment

0 Comments