Polres Dharmasraya Pantau Kegiatan Vaksinasi di Nagari Alahan Nan Tigo

Polres Dharmasraya Pantau Kegiatan Vaksinasi di Nagari Alahan Nan Tigo

Sungai Rumbai, Pionir—KBO Sat Lantas Polres Dharmasraya, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Azriman dan Kasat Tahti Ipda Suyetno sebagai Pawas Sumdarsin di wilayah hukum Polsek Sungai Rumbai, pada Selasa pagi 8 Maret 2022 melakukan pemantauan kegiatan vaksinasi di Nagari Alahan Nan Tigo yang berada di Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya.

Pelaksanaan vaksinasi pada hari itu dipusatkan di Poliklinik Bukit Sembilan, Nagari  Alahan Nan Tigo, dengan sasaran karyawan PT.SIAP dan masyarakat lingkungan sekitar.

Selain melakukan pemantauan kegiatan vaksinasi, pada hari itu Iptu Azriman dan Ipda Suyetno bersama Bhabinkamtibmas Nagari Lubuk Besar Aipda Mushuri, Bhabinkamtibmas Nagari Alahan Nan Tigo Bripka Diance Supadli serta Team Vaksinator Klinik Polres Dharmasraya yang dipimpin Ipda Dr.Febri Indra Kusuma, juga memberikan imbauan pada masyarakat nagari berpenduduk 4.878 jiwa, terdiri dari 2.506 laki-laki dan 2.371 perempuan tersebut, tentang pentingnya untuk melakukan vaksin dan mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu Ipda Dr.Febri Indra Kusuma juga menjelaskan pada masyarakat bahwa vaksin merupakan produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau zat yang sudah diolah sedemikian rupa, sehingga aman. Jika diberikan kepada seseorang dan akan membuat kekebalan tubuh secara aktif terhadap suatu penyakit tertentu. 

Ia pun mengatakan, vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu, sehingga jika suatu saat terpapar penyakit tersebut maka hanya akan mengalami gejala yang ringan. Sebaliknya, apabila tidak melakukan vaksinasi maka tidak akan memiliki kekebalan tubuh yang spesifik terhadap penyakit yang seharusnya dapat dicegah dengan pemberian vaksin tersebut. 

“Apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata, maka akan terbentuk suatu kekebalan kelompok (herd immunity). Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga dapat menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial serta ekonomi. Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada,” terang Ipda Dr.Febri Indra Kusuma. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments