Angin Puting Beliung Hantam Rumah Warga

Angin Puting Beliung Hantam Rumah Warga

Dharmasraya, Pionir---Belasan bahkan puluhan rumah warga di Jorong Kampung Baru dan Pasar Sikabau Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya porak poranda diterjang angin puting beliung, pada Jumat  8 April 2022 sekira pukul 16.30 wib.

Akibat terjangan angin puting beliung itu, sebahagian warga di Jorong Kampung Baru mengungsi kerumah sanak saudara menghindari korban jiwa.

Kasat Samapta Polres Dharmasraya AKP Edi Yunasri didampingi  KBO Satreskim Polres Dharmasraya Ipda Muhammad Isa mengatakan pada Pionir, angin puting beliung yang melanda Jorong Koto Panjang Nagari Sikabau Kecamtan Pulau Punjung itu sempat membuat panik warga sekitar. Namun, tidak ada korban jiwa dalam bencana itu.

"Sampai saat ini petugas  masih melakukan pendataan berapa rumah yang rusak,"kata Edi Yunasri pada Pionir, Sabtu 9 April 2022

Dikatakanya, selaian menghantam rumah warga, akibat  angin puting beliuang itu juga menerjang toko dan warung warung didaerah tersebut, serta menumbangkan beberapa pohon berukuran besar,  sehingga kerugian diperkirakan mencapai Ratusan Juta Rupiah.  "Hingga malam ini warga dibantu personil Polsek Pulau Punjung dan Personil Samapta Polres Dharmasraya berusaha memperbaiki atap rumah warga yang rusak ringan dan sedang, ujarnya.

Lanjut Edi Yuniasri mengatakan, sebelum angin puting melanda perkampungan warga di Jorong Kampung Baru dan Pasar Sikabau Kecamatan Pulau Punjung tersebut,  warga sempat melihat awan hitam layaknya akan turun hujan. Namun, selang beberapa saat angin bertiup kencang menimbulkan putaran angin di atas perkampungan.

Saat ini, petugas gabungan dari Polsek Pulau Punjung, Personil Sat Samapta Polres Dharmasraya, Pol PP , BPBD, TNI dan warga bergotong-royong menyingkirkan pohon berbagai ukuran yang tumbang dan material atap yang jatuh di halaman rumah.

Edi Yuniasri mengimbau masyarakat sekitar agar mewaspadai pohon tumbang mengingat cuaca esktrem untuk  beberapa hari kedepan, tuturnya.  (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments