Polres Pariaman Tunjukan Komitmen yang Konsisten dalam Penanggulangan Bencana

Polres Pariaman Tunjukan Komitmen yang Konsisten dalam Penanggulangan Bencana

Pariaman Kota, Pionir— Kapolri Jenderal (Polisi) Listyo Sigit Prabowo telah mengimbau seluruh personelnya, baik di Polda, Polres maupun Polsek memiliki kesiapan menghadapi bencana di daerah masing-masing.

Masalah bencana, kata Kapolri, baik itu bencana longsor, banjir, gempa bumi, erupsi gunung merapi dan bencana lainnya, Polri harus menyiapkan segala sumber daya yang dimiliki dalam rangka penanganan bencana alam itu sendiri di masing-masing daerah.

Amanat Kapolri ini betul-betul ditindaklanjuti oleh jajaran Polri di seluruh wiilayah di Indonesia, termasuk Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar)

Mengingat saat ini memasuki musim penghujan, di mana bencana alam seperti longsor, banjir, dan lainnya sebagainya berpotensi terjadi, Kapolres Pariaman AKBP Abd. Aziz SIK, berupaya pula mempersiapkan sumber daya yang dimiliki. Dengan demikian Abd Aziz meyakini personel Polri akan cepat dan sigap dalam melakukan penanggulangan bencana di wilayahnya masing-masing.

Untuk itu Polres Pariaman melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman dalam rangka kesiapan penanganan bencana alam di wilayah hukum Polres Pariaman.

Kata Abdul Aziz pada Pionir, Kamis 9 Juni 2022, mengingat saat ini memasuki musim penghujan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak BPBD. Ia pun mencontohkan seperti kegiatan yang dilakukan Kasat Samapta AKP Hijrul Aswad, SH pada Jum’at 3 Juni lalu.

Saat itu kata Abd. Aziz, Kasat Samapta bersama beberapa orang personel mewakili Polres Pariaman melakukan koordinasi dengan Kalaksa BPBD Kota Pariaman Azman, SE.MM di di kantor BPBD Kota Pariaman Desa Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur.

“Saat itu AKP Hijrul Aswad selaku Kasat Samapta Polres Pariaman melihat langsung  fasilitas dan peralatan yang ada di kantor BPBD tersebut,” ujar Abd. Aziz. 

Tak hanya melakukan koordonasi, kata Abd. Aziz menambahkan, pada Sabtu pagi 4 Juni 2022 Sat Samapta dengan Sat Polair juga melaksanakan imbauan/mitigasi tentang bencana alam di Pantai Kata, Desa Taluk, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman bersama Kalaksa BPBD Kota Pariaman.

Sebagai bukti Polres Pariaman memiliki kesiapan menghadapi bencana di daerahnya, pada Selasa pagi 7 Juni 2022, bertempat di halaman depan Mako Polres Pariaman, melakukan gelar fasilitas/inventarisasi peralatan kesiapan Polres Pariaman menghadapi bencana alam dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kapal di Satpolair Polres Pariaman.

Belum berhenti sampai disitu, pada Rabu pagi 8 Juni 2022 Polres Pariaman juga  melaksanakan kegiatan pelatihan penanganan bencana alam di Aula Polres Pariaman, dengan jumlah peserta sekitar 50 orang, terdiri personil Polres Pariaman dan Polsek sejajaran. Kemudian dilanjutkan dengan latihan di lapangan di Muaro Pantai Gandoriah, Kelurahan Pasir, Kecamatan Pariaman Tengah yang dilaksanakan oleh personel Sat Samapta bersama dengan personel Satpolair, dengan skenario penyelamatan korban tenggelam akibat banjir, dibawah pengawasan Kapolres Pariaman AKBP Abd.Azis, S.IK. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments