Polsek Sungai Limau Antisipasi Tindak Pencurian Rumah Kosong

Polsek Sungai Limau Antisipasi Tindak Pencurian Rumah Kosong

Sungai Limau, Pionir—Beberapa bulan terakhir pencurian dengan pemberatan, yaitu pencurian yang dilakukan dengan cara-cara khusus dengan kualifikasi lebih berat ataupun perampokan, semakin marak terjadi akhir-akhir ini.

Dari laporan yang masuk ke Polsek Sungai Limau, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) didominasi oleh kasus pencurian rumah kosong dan toko. Namun, secara keseluruhan terdapat penurunan laporan masuk terkait tindakan kriminal di Polsek tersebut.

Kata Kapolsek Sungai Limau Iptu Umar Yani, tindak pidana pencurian rumah kosong dan toko ini efek dari imbas pandemi Covid-19 karena menurunnya tingkat perekonomian masyarakat.

“Banyak yang terdampak dari pandemi ini, mungkin itu salah satu faktor pendorong mereka berbuat demikian. Karena pada umumnya tindak pencurian didasari oleh faktor ekonomi. Namun bukan berarti kita membenarkan dan memaklumi hal tersebut. Kami akan selalu siap menindak setiap tindakan kriminal di wilayah hukum Polsek Sungai Limau,” kata Umar Yani.

Untuk mengatasi tindak pidana tersebut kata Umar Yani menambahkan, personel Polsek Sungai Limau menggencarkan patroli dialogis.

Ia mencontohkan seperti patroli yang dilakukan SPK I Polsek Sungai Limau, pada Selasa 31 Mei 2022, yang dimulai jam 23.45 WIB, wilayah hukum Polsek Sungai Limau.

“Pada malam itu Ka SPKT I  Aipda Heriwanto, SH bersama Bripka A. Fanhoten melakukan patroli memantau tempat-tempat strategis sepert Bank BRI, Bank Nagari, Puskesmas dan lainnya. Saat itu Aipda Heriwanto mengingatkan petugas medis di Puskesmas Sungai Limau agar menghubungi pihak kepolisian jika ada korban kecelakaan atau tindakan kejahatan yang dibawa ke puskesmas,” kata kata Umar Yani.

Kemudian mengimbau pengemudi yang melintasi wilayah hukum Polsek Sungai Limau menuju Mandailing Natal Sumatera Utara agar selalu berhati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan dari pada kecepatan mengingat jarak yang ditempuh cukup jauh.

Saat itu Aipda Heriwanto juga menghimbau masyarakat yang sedang duduk di warung agar slalu waspada terhadap tindak kejahatan pencurian terhadap rumah kosong dan ruko yang cenderung meningkat imbas dari ekonomi masyarakat yang tengah menurun.

“Saat itu Aipda Heriwanto juga mengingatkan petugas sekuriti yang melaksanakan tugas jaga di Bank BRI dan Bank Nagari selalu waspada terhadap segala bentuk tindak kejahatan dan selalu menjalin komunikasi dengan petugas kepolisian,” kata Umar Yani. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments