Kasat Binmas Polres Pariaman Ingatkan Tentang Antisipasi Karhutla Dan Bencana Alam

Kasat Binmas Polres Pariaman Ingatkan Tentang Antisipasi Karhutla Dan Bencana Alam

Pariaman Kota, Pionir—Sebagai salah satu langkah dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kasat Binmas Polres Pariaman, Polda sumatera Barat (Sumbar) AKP Haryani Bahri, SH bersama Satgas Preemtif Ops Bina Karuna Singgalang 2022 memberikan penyuluhan tentang antisipasi karhutla dan bencana alam kepada masyarakat Desa Tanjung Sabar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, pada Sabtu siang 16 Juli 2022.

Kata Haryani Bahri yang dihubungi Pionir melalui telpon selularnya, Minggu 17 Juli 2022 mengatakan,saat itu ia bersama Satgas Preemtif Ops Bina Karuna Singgalang 2022 memberikan penyuluhan tentang bahaya karhutla dengan melaksanakan pembersihan lahan dengan cara dibakar.

Selain itu kata dia memambahkan, saat itu masyarakat juga dihimbau untuk waspada terhadap bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

“Sejak dimulainya Operasi Bina Karuna Singgalang 2022 beberapa waktu lalu, Satuan Binmas Polres Pariaman dibantu personel yang terlibat operasi gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Baik berupa sosialisasi, imbauan kepada tokoh-tokoh masyarakat maupun berdialog langsung dengan masyarakat,” ujar Haryani Bahri.

Ia pun mengatakan bahwa sosialisasi larangan pembakaran hutan dan lahan ini dilakukan agar memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan atau lahan tanpa izin.

“Bahaya Karhutla dapat menimbulkan dampak negatif yang merusak ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh di hutan. Termasuk dampak kabut asap yang menyebabkan penyakit saluran pernafasan serta mengganggu jarak pandang terutama untuk transportasi penerbangan,” terang Haryani Bahri.

Kasat Binmas Polres Pariaman juga menegaskan bahwa tindakan pembakaran hutan dan lahan merupakan suatu tindakan yang melanggar hukum. Bahkan dapat dikenakan sanksi pidana, sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments